Review Buku: 7 Good Habits

by - 03.36


Review Buku Anak: 7 Good Habits/ Kisah Tentang 7 Kebiasaan Baik (Bilingual Book)


Review Buku Anak: 7 Good Habits

Judul Buku : 7 Good Habits/ Kisah Tentang 7 Kebiasaan Baik
Penulis : Naning Chandra
Ilustrasi : Clarissa Yoranouw
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)
Jumlah Halaman : 146 Halaman
ISBN 13 : 9786023941483
Harga : Rp. 75.000

---

Susah-susah gampang memilih buku anak untuk Fais. Ada yang gambarnya kurang menarik bagi Fais, ada yang alur ceritanya terlalu panjang, ada yang kisah ceritanya "ga asik" menurut Fais dan ada juga buku cerita yang tebal/ banyak halaman. Sebenarnya buku ini tergolong tebal, tapi buku yang ini Fais suka, mama juga suka karena mengandung pesan moral yang bisa dijadikan contoh untuk Fais. Buku ini merupakan buku kisah seekor Panda bernama Pong dan 6 sahabatnya. Cerita keseharian mereka ternyata dapat dijadikan proses belajar untuk menumbuhkan dan melatih kebiasaan-kebiasaan baik.

Review Buku Anak: 7 Good Habis

Buku cerita anak 7 Good Habits ini gambarnya lucu dan penuh warna, bahasanya ringan dan kalimatnya pendek-pendek, sekitar 3-4 kalimat dan mengandung kalimat percakapan. Buku bilingual ini, di setiap halamannya berisi gambar, cerita versi bahasa Indonesia dan cerita versi bahasa Inggris. Dalam buku ini ada 7 judul yang mewakili 7 Good Habits, yaitu:

  1. Habiskan Makananmu dan Susumu
  2. Mandi dan Sikat Gigi
  3. Mengucapkan Terimakasih
  4. Meminta Maaf
  5. Meminta Izin
  6. Berbagi
  7. Buang Sampah pada Tempatnya

Ada pesan moral yang disimpulkan diakhir cerita. Yang menarik adalah adanya halaman aktivitas/ permainan ringan yang berkaitan dengan judul cerita. Misalnya saja cerita tentang Meminta Izin.

Dikisahkan Pong yang memiliki adik perempuan bernama Ping, sedang mencari pinsil warna miliknya yang hilang. Pong mencari seisi rumah, bertanya kepada ibu, menelpon teman-temannya tapi tidak ketemu juga. Sampai akhirnya Pong menemukan Ping sedang bermain dengan pinsil warna yang ia cari di kamarnya. Pong kesal, ia berteriak memanggil ibu dan merebut pinsil warna dari tangan Ping. Ibu bergegas menghampiri, Ping ketakutan dan bersembunyi dibalik tubuh ibu. Ibu berusaha menenangkan keduanya dan bertanya sebabnya. Ternyata, Ping ke kamar Pong, tapi Pong tidak ada di kamarnya, lalu pinsil warnanya Ping pinjam tanpa izin Pong.

Ibu memberi nasihat,"Anak-anak yang baik, ingatlah selalu untuk memimnta izin dahulu jika hendak meminjam barang yang bukan milik kalian. Tapi, kalian tidak boleh marah atau memaksa kalau pemiliknya tidak memberikan izin. Mengambil yang bukan milikmu adalah mencuri." Dan Ping pun meminta maaf dan meminjam pinsil warna dengan baik kepada Pong. Pong pun meminta maaf karena telah marah terhadapnya dan memberi izin Ping untuk memakai pinsil warnanya bersama-sama.

Di halaman aktivitas pada judul ini, ada gambar 5 buah pinsil warna dan di bawah pinsil warna tersebut ada keterangan nama warna dengan huruf yang masih putus-putus, misal Merah Red di bawah gambar pinsil Merah. Tugasnya adalah menebalkan huruf tersebut dengan pinsil warna.

Masing-masing judul punya aktivitas berbeda, ada yang mencari 4 perbedaan dari 2 gambar, ada yang mencari rute/ maze, ada yang menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan cerita, dan lainnya. Menyenangkan bukan? ;)





You May Also Like

21 comments

  1. Buku2 kayak gini nih yang harusnya dibaca sama anak2. Bermanfaat banget, apalagi kalo udh bilingual.

    etherealpotato

    BalasHapus
  2. ini lucu ya bagus buat anak-anak, selain belajar kebiasaan baik, gambar2nya juga lucu, bisa bikin anak lebih mudah mengerti apa yang dimaksud :)

    BalasHapus
  3. waaah aku mau cari aah buat keponakan aku, apalagi kalo bilingual, jadi sekalian belajar bahasa lain juga jadinya yaa, bermanfaat banget buat anak anak

    BalasHapus
  4. Dari cerita sederhana nantinya akan berdampak besar pada sang anak sehingga kebiasaan yang tergambar/diceritakan di buku bisa di tiru

    BalasHapus
  5. Bukunya bagus bgt ya. Banyak aktivitas seru yg bisa bikin anak jadi semakin cerdas. Kebiasaan baca buku juga harus bgt dibiasakan ke anak sejak dini.

    BalasHapus
  6. 7 Habits versi untuk anak-anak. Bagus nih buku nya mba, berbobot banget. Biar anak-anak juga belajar 7 habits dalam hidup nya dari sedini mungkin

    BalasHapus
  7. Ini tujuh kebiasaan baik yang sederhana namun sangat bermanfaat hingga kita tua kelak ya mba

    BalasHapus
  8. Aku aja suka sama buku bilingual dengan full gambar dan warnanya kayak gini apalagi anak-anak pasti betah deh bacanya

    BalasHapus
  9. Wah kayaknya bagus nih mbak bukunya, aku mau coba cari ah buat ceritain ke anak2. Sebelumya aku udah pernah tau buku ini dr postingan siapa gtu dulu revie di blog jg sih tapi kelupaan mulu mau cari hehe

    BalasHapus
  10. Buku yang bagus nih. Mengajarkan anak tentang Akhlak yang baik. Aku lagi pengen banyak beli buku kayak gini buat anak-anakku.

    BalasHapus
  11. Noted banget nih buku buat anak - anak nih biar paham tentang good habits dan menerapkan dalam kehidupan sehari - harinya,

    BalasHapus
  12. Buku ini bagus juga ya buat anak-anak jadi mereka bisa tahu tentang apa saja yang baik untuk mereka diterapkan sehari-hari

    BalasHapus
  13. Anakku paling suka sama buku-buku cerita sekaligus ada aktivitasnya.
    Bikin mereka berinteraksi dengan imajinasi mereka selain baca juga berpikir.

    BalasHapus
  14. sean covey juga buat buku serupa 7 habits of happy kids... beberapa bersinggungan sama yg ini.. makasih reviewnya mbak

    BalasHapus
  15. Bagus nih referensi buku ini, karena kalau anak teman atau keponakan aku ulang tahun aku biasanya beliin buku supaya nambah pengetahuan mereka.

    BalasHapus
  16. cocok bukunya buat anak seusia anak saya nih mak

    BalasHapus
  17. Lucu banget nihh bukunya, mengajarkan kebiasaan baik buat anak. Nanti aku beli ah. Gemes soalnya..

    BalasHapus
  18. Jadi pengen cari bukunya, apalagi kalimatnya pendek-pendek ya mbak supaya anakku yang pertama mau belajar membaca kalimat beberapa kata gitu. dia juga senang yang ada gambarnya yang menarik

    BalasHapus
  19. Kebetulan sedang mencari buku dengan kategori yang dapat memberikan pemahaman moral kepada anak sepertinya Buku cerita anak 7 Good Habits harus dimiliki

    BalasHapus
  20. pas banget lagi nyari buku dg sajian bilingual, 75rb dengan 140++ halaman worthed banget sih mbak, ga sabar nunggu bbw ada lagi

    BalasHapus
  21. Duhhh, baca buku ini, saya jadi ingat kalau ada PR membacakan dongen buat anak, hahahaha.
    Bagus banget ya bukunya, pengen punya juga deh, ini mah bukan hanya buat si kecil, si kakak juga doyan baca buku penuh gambar gini :D

    BalasHapus

silakan beri tanggapannya yaa~~ terimakasih ^^

Copyright @cicifera 2019. Diberdayakan oleh Blogger.